Jumat, 08 Januari 2010

SAMBUTAN PRESIDENT InETNA DALAM RANGKA PENCANANGAN GERAKAN NASIONAL STOP DECUBITUS TAHUN 2010

Sebentar lagi kita akan jelang tahun 2010 yang semoga di tahun yang baru ini semangat untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pasien-pasien kita, bagi masyarakat luas…..akan lebih besar lagi.
Saya Ani Maryani , MKep, ETN ketua InETNA (Indonesian Enterostomal therapist Nurse Association) suatu organisasi yang begerak di bidang Stoma, Luka dan inkontinensia ingin mengajak sejawat untuk bersama-sama meningkatkan semangat untuk memberikan yang terbaik. Semangat ini hendaknya kita mulai dari hal-hal yang tampak didepan mata kita sehari-hari, menjaga pasien-pasien kita dari komplikasi akibat imobilisasi contohnya. Salah satu hal kecil tetapi membawa dampak besar adalah mencegah pasien dari decubitus.
MENGAPA DEKUBITUS???? Pertanyaan yang sangat menarik, karena dekubitus sering dijadikan salah satu indicator mutu pelayanan suatu rumah sakit. Angka dekubitus tinggi, berarti pelayanan dianggap tidak bermutu demikian sebaliknya. Perawat berada 24 jam bersama pasien di rumah sakit dan dibeberapa tatanan rawat inap lainnya, sehingga menjadi profesi yang terlama berada dekat dengan pasiennya. Perawat sering menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas kejadian dekubitus, karena sebenarnya perawat dapat mencegah kejadian dekubitus atau paling tidak menurunkan angka kejadian dekubitus karena kepeduliannya.
Mencegah kejadian dekubitus berarti telah mencegah pasien dari kerugian dan membantu mereka menurunkan lama hari rawat, menurunkan biaya RS, dan mencegah dari kemungkinan mengalami kerugian yang lebih besar, untuk itu perawat hendaknya meningkatkan kepeduliannya.
Peduli untuk mengkaji resiko terjadi dekubitus, peduli untuk mengubah posisi, peduli untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi pasien sehingga terhindar dari resiko terjadi dekubitus dan sekian banyak kepedulian yang dapat dilakukan oleh perawat untuk mencegah dekubitus. Karena sebagai profesi mereka memiliki kemampuan itu,
Di awal tahun 2010 ini mari kita mulai dengan satu kata, satu hati untuK bersama-sama BERTERIAK dan MENUNJUKKAN KOMITMEN YANG TINGGI MELALUI KINERJA SEPENUH HATI untuk STOP DEKUBITUS!!!!!
Begitu banyak harapan yang dapat kita raih ditahun 2010, semoga harapan itu dapat benar-benar kita capai, termasuk terwujudnya UU KEPERAWATAN YANG SAAT INI MASIH MENUNGGU SAAT-SAAT PENGESAHANNYA…..

SAHABATKU, SELAMAT TAHUN BARU 2010……

SALAM SEJAWAT

ANI MARYANI, MKep, ETN
Presiden InETNA

Tidak ada komentar: