Selasa, 23 Maret 2010

ANKLE BRACHIAL PRESSURE INDEX (ABPI)

Saldy Yusuf, S.Kep.Ns.ETN

PENGERTIAN ABPI
Ankle Brachial Pressure Index (ABPI) adalah test non invasive untuk mengukur rasio tekanan darah sistolik kaki (ankle) dengan tekanan darah sistolik lengan (brachial). Tekanan darah sistolik diukur dengan menggunakan alat yang disebut simple hand held vascular Doppler ultrasound probe dan tensimeter (manometer mercuri atau aneroid). Pemeriksaan ABPI sebaiknya dilakukan pada pasien yang mengalami luka pada kaki untuk mendeteksi adanya insufisiensi arteri sehingga dapat menentukan jenis luka apakah arterial ulcer, venous ulcer atau mixed ulcer. Sehingga dapat memberikan intervensi secara tepat.
Direkomendasikan menggunakan probe dengan frekuensi 8 MHz untuk ukuran lingkar kaki normal dan 5 MHz untuk lingkar kaki obesitas atau edema.

PROSEDUR PENGUKURAN ABPI
  1. Anjurkan pasien berbaring terlentang, posisi kaki sama tinggi dengan posisi jantung.
  2. Pasang manset tensimeter di lengan atas dan tempatkan probe vascular Doppler ultrasound diatas arteri brachialis dengan sudut 45 derajat.
  3. Palpasi nadi radialis kemudian pompa manset hingga 20 mmHg diatas tekanan darah sistolik palpasi.
  4. Kempiskan manset, perhatikan suara pertama yang dideteksi oleh probe hasilnya merupakan tekanan darah systolic brachialis.
  5. Ulangi pada lengan yang lain.
  6. Pasang manset tensimeter di pergelangan kaki dan tempatkan probe vascular Doppler ultrasound diatas arteri dorsalis pedis atau arteri tibilias dengan sudut 45 derajat.
  7. Palpasi nadi dorsalis pedis kemudian pompa manset hingga 20 mmHg diatas tekanan darah sistolik palpasi.
  8. Kempiskan manset, perhatikan suara pertama yang dideteksi oleh probe hasilnya merupakan tekanan darah systolic ankle.
  9. Ulangi pada kaki yang lain.
  10. Pilih tekanan darah systolic brachialis tertinggi (diantara lengan kanan dan kiri) dan tekanan darah systolic ankle teritnggi (diantara kaki kanan dan kaki kiri).

Nilai ABPI = Tekanan darah sistolik ankle/Tekanan darah brachialis

Nilai normal yang disepakati adalah 0.9-1.3


Dalam penentuan nilai ABPI kadang ditemukan tekanan darah sistolik false tinggi ditemukan pada pasien diabetic. Hal ini disebabkan tekanan manset tidak mampu menekan pembuluh darah distal yang mengalami kalsifikasi.


REFERENSI
1. Wajan Juni Udjianti (2007): Ankle brachial pressure index (ABPI) dan compression bandage.Surabaya.
2. Vowden P, Vowden K (2001): Doppler assessment and ABPI: Interpretation in the management of leg ulceration.www.worldwidewounds/doppler-assessment-and-abpi.htm

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Punya buku tentang ABPI?sya lgi butuh buat penelitian