Sabtu, 10 Juli 2010

KONSEP DASAR LUKA DECUBITUS

Saldy Yusuf, S.Kep.Ns.ETN
Clinical Nursing Departement
Kanazawa-University


A. PENDAHULUAN
Terminology luka decubitus bermacam-macam, umumnya literature menggunakan istilah pressure ulcer disamping penggunaan istilah bed sore. Penggunaan istilah pressure ulcer didasarkan pada pemahaman bahwa luka decubitus disebabkan oleh penekanan pada daerah tonjolan tulang dalam jangka waktu yang lama.  Dalam artikel ini, penulis menggunakan istilah decubitus agar mudah dipahami oleh masyarakan umum dibanding penggunaan istilah pressure ulcer.

B. INSIDENS DAN PREVALENSI
Hasil penelitian menunjukkan insidens decubitus di Indonesia  sebesar 33.3 % (Suriadi, 2006) angka ini sangat tinggi bila dibandingkan dengan insidens decubitus di ASEAN yang hanya berkisar 2.1-31.3 % (Sugama et al., 1992; Seongsook et al., 2004; Kwong et al., 2005).1  Namun angka insidens dan prevalensi decubitus masih simpang siur. Hal ini disebabkan perbedaan metodelogi, sample, clinical setting, dan variable lainnya.

C. PENGERTIAN

Pressure ulcer merupakan injury terlokalisir pada kulit dan/atau jaringan yang ada di bawahnya pada daerah tonjolan tulang, sebagai akibat dari pressure, atau combinasi pressure dan shear. Sejumlah factor kontribusi juga berkaitan dengan pressure ulcer. Signifikansi dari factor-factor tersebut perlu penjelasan lebih lanjut.2 Yang perlu diperhatikan dari definisi tersebut, adanya perubahan pemahaman konteks penyebab decubitus, dimana penyebab decubitus tidak lagi dipandang semata-mata karena adanya tekanan (Pressure) tapi juga karena adanya gesekan (shear). Lebih lanjut, definisi EPUAP-NPUAP juga telah ‘membuka diri’ bahwa masih ada beberapa factor yang berkontribusi dalam penyebab decubitus yang memerlukan penjelasan lebih lanjut.read more 

Artikel Terkait:



2 komentar:

Fajar mengatakan...

Info yang baik..ane numpang posting ya bos....salam sukses buat kita..

Saldy Yusuf, S.Kep.Ns.ETN. mengatakan...

buat Mas Fajar, trims ya kunjungannya, klu ada tulsiannya boleh tuh di posting disini...